SIAPAKAH AHLUS SUNNAH WAL JAMA'AH? post 3

2. Firqatun Najiyah (Kelompok yang selamat)

Menurut Ustadz Arif Fathul Ulum bin Ahmad Saifullah خفظه الله 
Nama ini diambil dari mafhum hadits iftiraqul ummah (perpecahan umat) di atas di mana Rasulullah صلي الله عليه وسلم menyebutkan bahwa semua firqah (kelompok) di neraka, kecuali satu yang masuk surga, kelompok ini dikatakan النِّاجِيَّةُ (selamat) dari neraka.

Yusuf bin Asbath رحمه الله berkata, "Pokok-pokok kebid'ahan ada empat cabang: Rawafidh, Khawarij, Qadariyah, dan Murj’ah. Kemudian masing-masing bercabang menjadi 18 kelompok, itulah 72 kelompok. Dan kelompok yang ke-73 adalah al-Jama'ah yang dikatakan oleh Nabi bahwa dia adalah najiyah (selamat)." (asy-Syari'ah oleh al-Ajuri hal. 51)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah berkata, "Jika saja sifat Firqatun Najiyah adalah para pengikut jalan sahabat dan itu adalah syi'ar dari Ahlus Sunnah, maka Firqatun Najiyah adalah Ahlus Sunnah." (Minhajus Sunnah 3/457)

Nama Firqatun Najiyah bagi Ahlus Sunnah adalah nama yang masyhur di kalangan umat sampai-sampai ada sebagian ulama yang menjadikannya sebagai judul kitab-kitab mereka yang memaparkan aqidah Ahlus Sunnah, sebagaimana dilakukan oleh Ibnu Baththah رحمه الله dalam kitabnya al-lbanah 'an Syari'atil Firqatin Najiyah wa Mujanabatul Firaqil Madzmumah, dan Ibnul Qayyim dalam kitabnya al-Kafiyatusy Syafiyah fil Intishar lil Firqatin Najiyah.

Demikian juga, banyak penulis kitab-kitab firaq dan maqalat menyebutkan bahwa Ahlus Sunnah adalah Firqatun Najiyah, seperti Abu Manshur al-Baghdadi dalam kitabnya al-Farqu Bainal Firaq (hal. 313), Abul Muzhaffar al-lsfirayini dalam kitabnya at-Tabshir fid Dien (hal. 185), dan Syaikh Hafizh Hakami dalam kitabnya Ma'arijul Qabul (I/19)
sumber

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "SIAPAKAH AHLUS SUNNAH WAL JAMA'AH? post 3"

Anonymous said...

Greetings from Carolina! I'm bored to tears at work
so I decided to check out your site on my iphone during lunch break.
I really like the information you present here and can't wait to take a look when I get home.
I'm shocked at how quick your blog loaded on my phone ..
I'm not even using WIFI, just 3G .. Anyhow,
awesome blog!

Stop by my blog :: dino hunter deadly shores hack

Wondho Ez said...

greetings carolina, ... Thank you for visit...! I hope you are not bored to visit again

Post a Comment

[-] Silahkan Coment dengan MEnggunakan Etika
[-] Maaf Link Aktif pada kolom komentar akan otomatis terganti dengan link kami
[-] Coment berbau sara akan kami hapus
[-] Segala macam Promo dan Transaksi yang ada di Kolom Komentar Bukan Tanggung Jawab Kami

SEMUA BENTUK TRANSAKSI DAN PENIPUAN JUAL BELI ONLINE AKIBAT ANDA MEMPERCAYAI IKLAN DI KOMENTAR INI BUKAN TANGGUNG JAWAB KAMI.
Terimakasih.